Penangguhan tahanan Prita Mulyasari

Berita hangat hari ini adalah bebasnya Prita dari LP Wanita Tangerang, Banten, walaupun masih menjadi tahanan kota. Kasus Prita Mulyasari ternyata telah menyita perhatian banyak kalangan.
Banyak forum-forum dan milis-milis membahas masalah ini. Banyak milis dan forum di internet yang menggalang suara untuk meminta Prita dibebaskan. Atas desakan banyak kalangan tak terkecuali para pejabat negara dan publik figur lainnya, ibu dua anak ini sekarang bisa sedikit bernafas lega setelah kemarin penahanannya ditangguhkan.

Selama 3 pekan lalu Prita terpaksa harus mendekam di dalam penjara akibat email yang dia tulis untuk teman-temannya menyebar dengan cepat di internet. Prita menuliskan keluhannya mengenai pelayanan di RS Omni International. Pihak RS yang merasa tercemar nama baiknya lalu mengadukan Prita pada polisi.

Selain dukungan dari masyarakat luas yang merasa prihatin dengan kasus ini, dukunganpun datang dari Wapres Jusuf Kalla yang minta pada pihak polisi agar kasus ini ditinjau dan dipelajari kembali. Berikut petikan ucapan Wapres di televisi saat diwawancara oleh wartawan.

“Masak kalau hanya menulis email saja dilarang, Inikan tidak adil. Saya nanti selesaikan dengan polisi. Seharusnya diperiksa dulu, harus tahu masalahnya jangan langsung ditahan. Kalau hanya soal gosip, email diperiksa dulu. Ini baru adil,” ujar JK.

Jusuf Kalla juga menegaskan, dirinya tidak bisa intervensi, namun meminta agar aparat kepolisian bisa bersikap profesional dan adil. Kalaupun dalam kasus tersebut memang ada kesalahan dari Prita, seharusnya dilakukan penyelidikan dan penyidikan terlebih dahulu, bukan langsung menahannya.

Kasus Prita ini tak lepas karena UU No. 11/2008. Bagian yang digunakan adalah pasal mengenai penghinaan atau pencemaran nama baik. Capres Megawatipun angkat bicara mengenai UU ini. Megawati minta agar UU ini direvisi.

Tidak ketinggalan SBY lewat jubirnya Andi Mallarangeng¬† juga mengomentari, “Proses penyelidikan harus didasarkan oleh hati nurani.”

Merujuk pada sumber :
http://kabarindonesia.com/

Iklan

2 thoughts on “Penangguhan tahanan Prita Mulyasari

  1. HASIL DENGAR PENDAPAT KOMISI IX DPR DGN MANAGEMENT RS OMNI:
    1. KOMISI SEMBILAN TIDAK PUAS DENGAN JAWABAN DARI PIHAK RS OMNI
    2. MENGUSULKAN PENCABUTAN IZIN OPERASIONAL RS OMNI
    3. MENCABUT TUNTUTAN RS OMNI KEPADA PRITA MULYASARI
    4. RS OMNI HARUS MINTA MAAF SECARA TERBUKA KEPADA PRITA MULYASARI

  2. BREAKING NEWS !!!

    KEJAGUNG MENILAI JAKSA YANG MEMERIKSA PRITA TIDAK PROFESIONAL, DAN MEMERINTAHKAN PEMERIKSAAN ATAS PARA JAKSA TERSEBUT

    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:

    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s